Camat Agus Dahlan : Kegiatan Pramuka Efektif Cegah Kenakalan Remaja

DAILYBEKASI.COM, SUKATANI – Camat Sukatani Agus Dahlan membuka Jambore Ranting Pramuka Kecamatan Sukatani yang berlangsung di Lapangan Sukatani, pada Senin(14/8/23). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti siswa Sekolah Dasar (SD) dan SMP negeri maupun swasta di wilayah yang berada di Kecamatan Sukatani.

“Ya, setelah dua tahun pandemi Covid-19, baru kali ini kita kembali mengadakan kegiatan Jambore Ranting yang diikuti kurang lebih 87 sekolah di Kecamatan Sukatani,” kata Agus Dahlan.

Dia menambahkan, minat para siswa untuk mengikuti Jambore Pramuka tahun ini sangat tinggi, karena selama pandemi terjadi, tidak ada kegiatan perkemahan seperti yang saat ini sedang dilaksanakan.

“Karena sudah dua tahun mereka tidak pernah kemping, mereka inginnya satu sekolah ikut kemping semua. Sementara kapasitas di lapangan ini paling sekitar 1000 orang. Makanya kita batasi perwakilan dua regu tiap sekolah,” terangnya.

Pada kegiatan Jambore ranting tersebut juga dilaksanakan kegiatan penghijauan dalam bentuk penanaman 100 bibit pohon di sekitar pemukiman warga.

Agus menyebutkan, kegiatan Gerakan Pramuka bagi siswa sekolah masih sangat efektif untuk membina generasi muda, dalam membangun karakter dan mencegah perilaku negatif para remaja.

“Kegiatan Pramuka ini sebagai salah satu sarana edukasi terhadap anak didik, terutama dalam menanamkan cinta tanah air dan kebangsaan, agar semakin tumbuh di kalangan generasi penerus. Juga dapat meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan antar sekolah, sehingga mereka terhindar dari kegiatan negatif seperti tawuran,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *