APINDO : Komunikasi Menjadi Kunci Bangun Hubungan Industrial Pancasila

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG SELATAN – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Sutomo mengatakan, hubungan Industrial Pancasila dalam momentum peringatan Hari Buruh tahun ini menjadi fokus seluruh pihak untuk berkontribusi aktif membangun Kabupaten Bekasi menjadi pilot project Kota Industri yang menjadi percontohan daerah lainnya.

“Tentunya kedua pihak paham bahwa mereka harus saling menghargai. Pekerja menghargai perusahaan begitupun sebaliknya. Itu semua termuat di dalam materi hubungan industrial Pancasila” ucapnya saat ditemui usai peringatan Hari Buruh Internasional tingkat Kabupaten Bekasi di Ballroom Hotel Sahid Jaya, pada Senin (01/05/23).

Dirinya menjelaskan melalui momentum Hari Buruh ini diharapkan, baik pihak pengusaha maupun serikat kerja dapat meningkatkan komunikasi sebagai jembatan dalam penyelesaian masalah di setiap perusahaan.

“Perusahaan ketika di situ sudah ada serikat pekerja ataupun PUK sudah memberikan fasilitas dan ruang secara keseluruhan, Pengusaha harus siap menerima mereka, baik melalui dialog dan diskusi yang dijalankan dengan baik dan membawa ketenangan di perusahaan itu sendiri,” paparnya.

Sutomo menambahkan, pasca dua tahun pandemi kemarin, banyak hal yang harus dilakukan penyesuaian terutama dalam aspek bisnis, serta kompetensi, terutama pekerja yang memiliki standar yang biasa juga perlu diberikan keahlian untuk bisa menyesuaikan dengan produksi sekarang.

“Dengan kompetensi yang dimiliki pekerja, semakin baik tentu kinerjanya lebih baik dan meningkat. Karena akan sulit bagi mereka yang tidak memiliki kompetensi untuk bisa berkembang kedepannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan bahwa APINDO siap berperan aktif mendukung semua program pemerintah termasuk bekerjasama dalam menyelanggarakan berbagai pelatihan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *