Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan, Puskesmas Karang Satria Ikuti Re-Akreditasi

DAILYBEKASI.COM, TAMBUN UTARA РUntuk meningkatkan mutu pelayanan maupun derajat kesehatan masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Karang Satria menjalani re-Akreditasi oleh Tim Survei dari Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP), pada Selasa (05/12/2023).

Re-Akreditasi pada proses penilaian diakukan secara online maupun offline yang diadakan selama tiga hari dari pada tanggal 1, 5 dan 6 Desember 2023. Dimana Tim Surveyor KMKP yaitu Daria Juliana Risinta Ginting dan Siti Romlah Setiawangsih.

Tim KMKP pada Surveyor Bidang Tata Kelola Sumber Daya dan UKM, Siti Romlah Setiawangsih menjelaskan, tujuan dari re-Akreditasi Puskesmas adalah bukan untuk menjadi ajang lomba dalam penilaian dokumen administrasi, tetapi bagaimana bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih baik lagi kedepannya.

“Surveyor itu bukan kami tetapi sejatinya itu adalah masyarakat yang kami harapkan, mudah-mudahan pelayanan kesehatan di Puskesmas Karang Satria menjadi lebih baik, dimana hari pertama kita secara virtual atau via zoom dan hari kedua maupun hari ketiga kita mengunjungi langsung tempat pelayanan kesehatan serta wawancara,” ucapnya.

Kepala UPTD Puskesmas Karang Satria, Susi Asmawati mengatakan, pada Akreditasi pertama sudah dilakukan pada tahun 2018 lalu dengan mendapatkan predikat Madya. Setelah lima tahun harus dilakukan kembali penilaian Akreditasi ulang dimana tahun sebelumnya terjadi pandemi Covid-19 dan tahun ini baru diadakan lagi re-Akreditasi.

“Alhamdulillah kita sudah dua kali pada tahun 2018 dan tahun 2023 ini mudah-mudahan dengan target hasil re-Akreditasinya yaitu Paripurna,” ujarnya.

Susi menjelaskan, hari pertama pada re-Akreditasi dengan perkenalan dan juga pemaparan dokumen melalui online yaitu via zoom. Untuk hari kedua mengecek data terhadap dokumen maupun kunjungan langsung ke Posyandu Kintamani yang berlokasi di RW 08 dan Bank Sampah Mutiara di RW 031 dengan program inovasi serta keunggulannya dalam memberi saran atau masukan dalam penyempurnaan dokumen yang telah dibuat.

Selain itu, pada hari ketiga yaitu wawancara dari Tim Surveyor KMKP kepada pimpinan mulai dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Camat, Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) dan para Pokja yang ada di Puskesmas Karang Satria.

“Persiapannya cukup detail yang kami siapkan dari dokumen-dokumen, mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian mutu dan kinerja program. Mudahan-mudahan re-Akreditasi kita mencapai nilai yang terbaik untuk meningkatkan mutu maupun meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang khusus di wilayah Karang Satria dan umumnya di Kabupaten Bekasi,” jelasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *