SMPN 1 Cabangbungin Komitmen Bangun Sekolah Berwawasan Lingkungan

DAILYBEKASI.COM, CABANGBUNGIN – Sekolah merupakan tempat kegiatan belajar mengajar (KBM) yang merupakan institusi formal bagi dunia pendidikan. Selain tempat belajar, sekolah juga perlu memiliki lingkungan yang bersih, nyaman, dan indah sehingga terciptanya suasana yang menyenangkan.

Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Cabangbungin, Tamrin mengatakan, pihaknya berkomitmen menerapkan program sekolah yang berwawasan lingkungan dengan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) bagi para siswanya.

“Program yang kita unggulkan yaitu sekolah hijau artinya sekolah berbudaya dan berbasis lingkungan,” ujar Tamrin, saat ditemui di ruangannya pada Kamis, (11/05/2023).

Sambung dia, hal ini bertujuan agar terbentuknya kesadaran dan kepedulian warga sekolah dalam menjaga lingkungan sekolah maupun tempat tinggal sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman bagi para guru dan siswa.

“Tujuannya yaitu terbentuknya sekolah yang hijau, berwawasan lingkungan, dan sekolah yang ramah sehingga siswa dan gurunya betah dan bisa menjadikan sekolah ini menjadi rumah kedua setelah rumah utama, yaitu rumah sendiri,” ungkapnya.

Program tersebut, kata Tamrin, sudah berjalan beberapa tahun yang lalu dalam rangka mewujudkan visi sekolah. Pihaknya juga mengajak seluruh elemen untuk merawat pohon dan memanfaatkan fasilitas taman baca yang telah disediakan.

“Ya, kita sudah mulai dengan membangun taman, kemudian di depan kelas sudah banyak pohon mangga yang besar, lalu di depan sekolah itu kita sudah dibangun taman kecil. Disini juga sudah ada dua taman baca sehingga dengan harapan, ketika siswa mau membaca bisa menggunakan gazebo atau gubuk-gubuk kecil dengan suasana lingkungan yang nyaman dan sejuk sehingga anak betah dan terbiasa,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan adanya gerakan (PBLHS) ini seluruh unsur dapat terlibat dengan program ini agar terciptanya lingkungan sehat, segar, bersih, aman dan nyaman. Selain itu, SMPN 1 Cabangbungin juga diharapkan bisa mencapai target Adiwiyata Nasional.

“Harapannya kita minta kepada unsur terkait mohon bantuan dan dukungannya sehingga rencana program yang kami impikan itu dapat berjalan dengan baik, benar-benar terwujud, dan bukan hanya sekedar mimpi,” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *