Kecamatan Tambun Utara Gelar Jumat Bersih

DAILYBEKASI.COM, TAMBUN UTARA – Kecamatan Tambun Utara bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan Jumat bersih (Jumsih).

Kegiatan Jumsih ini dilakukan dengan pengangkutan tumpukan sampah liar di beberapa titik wilayah itu.

Camat Tambun Utara, Najmuddin mengatakan, kegiatan Jumsih dilakukan di lima titik jalan utama Kecamatan Tambun Utara yaitu, Desa Satriajaya, Satriamekar, Sriamur, Srimukti dan Srijaya. Dimana terdapat tumpukan sampah liar yang mengganggu aktivitas warga dan para pengguna jalan raya.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan Jumsih dengan unit mobil pengangkutan sampah dari DLH, untuk di angkut sampah liar yang ada di jalan utama Kecamatan Tambun Utara, karena sudah mengganggu aktivitas warga dan bau sampah yang tidak nyaman,” ujar Najmuddin pada Jumat (12/05/2023).

Najmuddin menghimbau, kepada seluruh masyarakat Tambun Utara agar dapat menaati aturan yang berlaku dan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 04 Tahun 2012 tentang Ketertiban Umum. Jika melanggar akan ada sanksi tindakan mulai dari teguran sampai pidana penjara enam bulan atau denda maksimal Rp 50 juta.

“Persoalannya kita menangkap pelaku pembuangan sampah liar ini, rata-rata membuang sampah pada malam hari ketika orang sedang tidur dan mungkin saat berangkat kerja di pagi hari, kalau memang ada yang tertangkap dalam membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya kita akan tegur dan menjatuhkan hukuman,” katanya.

Dia berharap, agar seluruh pihak terkait dapat menjaga lingkungan sekitar bersama-sama dan mengedukasi ke masyarakat. Jangan membuang sampah sembarangan, karena kebersihan menjadi tanggung jawab bersama bagi semua pihak.

“Untuk Jumsih ini kita lagi cari pola bagaimana biar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi. Artinya kita akan lakukan edukasi terus ke masyarakat supaya jangan membuang sampah sembarangan.

Kepala Desa Sriamur, Masdi sangat mendukung dengan adanya Jumsih di Kecamatan Tambun Utara. Jumsih tersebut juga agar mencontohkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Dengan ini saya akan menertibkan masyarakat yang membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya dan saya tindak tegas terhadap pelaku pembuangan sampah liar,” katanya.

Sementara itu, Pengawas Lapangan UPTD Wilayah II, Saipul mengatakan, pada kegiatan Jumsih kali ini, sebanyak 10 personel yang dikerahkan untuk mengangkut dan membersihkan sampah liar dari lokasi tersebut.

“Ya, hari ini kita menurunkan 10 personil petugas kebersihan, 2 unit truk sampah dan sampah ini akan kita buang ke TPA Burangkeng,” ungkapnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *