Peran Dosen dan Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa dalam Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Anak

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG – Maraknya bullying atau perundungan yang terjadi di lingkungan Kabupaten Bekasi, Dosen dan Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa helad sosialisasi dengan mengusung judul Mengenalkan Guru dan Tenaga pendidik tentang pencegahan kekerasan terhadap anak di SDN Cibatu 02 pada Rabu (8/11/2023).

“Ya, kasus perundungan atau biasa dikenal bullying ini tidak mengenal tempat, bisa terjadi di lingkungan bermain anak, keluarga, lembaga Pendidikan ataupun sekolah,” Ungkap Nining Yurista Prawitasari, SH., MH

Sambungnya, Aksi perundungan atau bully di lembaga sekolah terjadi di setiap tingkatan pelajar, mulai dari SD hingga SMA sederajat. Tidak hanya berupa fisik, bully juga menyerang psikis anak, seperti hinaan dan ejekan.

“Perlu adanya peran aktif dari guru, tenaga pendidik maupun orang tua untuk mendukung pencegahan terjadinya kekerasan terhadap anak untuk mengurangi angka perundungan terhadap anak di Kabupaten Bekasi yang saat ini marak terjadi,” pungkasnya

Ditempat yang berbeda, Azizah Rizqy Febriyanti mahasiswa Universitas Pelita Bangsa yang ikut serta menilai sosialisasi tentang pencegahan kekerasan terhadap anak merasa perlu dilakukan secara masif.

“Sosialisasi terkait pencegahan kekerasan terhadap anak perlu dilakukan secara masif tak hanya untuk tenaga pendidik, tapi saya pikir perlu juga ke siswa-siswa untuk menanamkan berbudi pekerti luhur dan pendidikan karakter,” Ungkap Azizah sapaan akrabnya.

Masih kata dia, dirinya berharap program Merdeka Belajar Episode 25 tentang penanganan dan pencegahan tindak kekerasan di sekolah ini benar-benar mampu di implementasikan oleh sekolah.

“Saya mengharapkan untuk pihak sekolah mampu menjalankan kebijakan yang sudah dibuat dan di tetapkan oleh pemerintah 6 bulan lalu, harus ada satgas yang dibentuk dimasing-masing sekolah untuk mengantisipasi hal buruk seperti ini terulang lagi,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *