Pemkab Bekasi Imbau Jamaah Haji Lansia Kurangi Aktivitas Luar Ruangan

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT – Pemkab Bekasi melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda) 1 Sri Enny Mainiarti mengimbau jamaah calon haji lanjut usia untuk membatasi aktivitas saat menjalankan ibadah haji, guna mencegah dampak dari cuaca panas di Arab Saudi .

“Saya menghimbau para jamaah haji tetap menjaga kesehatan, karena di sana sedang memasuki musim panas,” ujarnya, Kamis (25/05/2023).

Sri Enny menyampaikan, jamaah haji harus banyak mengkonsumsi air. Agar terhindar dari sering keluar masuk ke toilet, ia menyarankan, jamaah haji tidak minum sekaligus, tapi mengkonsumsi air secara bertahap.

“Kadang jamaah malas minum, takut sering ke kamar mandi. Cara minumnya bukan dengan satu botol langsung habis. Cukup seteguk dua teguk lalu nanti, selang 15- 30 menit minum lagi,” jelasnya.

Bagi calon jamaah haji lanjut usia, Enny meminta agar mengerjakan yang penting dikerjakan. Tidak mengerjakan aktivitas lain di luar dari kegiatan ibadah. Sementarra bagi yang muda, kata dia, agar ikut memperhatikan jamaah lain, terlebih jamaah haji yang lebih tua.

“Yang usia lanjut, tidak harus ikut semua kegiatan yang muda-muda. Tetap menjaga kesehatan dan bagi yang muda- muda untuk mengawasi yang tua,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sri Enny menambahkan, Pemkab Bekasi bersama Kementerian Agama, sudah melaksanakan pembinaan. Salah satunya, berkaitan dengan pembekalan kesehatan haji. Dimana dalam bimbingan itu jamaah calon haji diberikan pengukuran kebugaran.

“Jadi, semua jamaah haji dari Kabupaten Bekasi bisa mengukur kemampuannya dalam beraktivitas. Atau, batasan mana yang harus tetap beraktivitas dan batasan mana harus stop. Jadi gak harus ikut- ikutan. Yang jelas, bagi yang usia lanjut harus cukup dalam beristirahat, dan minum yang cukup,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *