Pemkab Bekasi Bersinergi dengan TNI AD Kembangkan Ketahanan Pangan Daerah

DAILYBEKASI.COM, CIBITUNG – Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, dalam hal ini Pangdam Jaya/Jayakarta dan Forkopimda Kabupaten Bekasi, melakukan penanaman benih jagung secara serentak di Lahan Pertanian Terpadu Korem 051/Wijayakarta, Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi mengatakan, kegiatan penanaman jagung serentak yang dilakukan oleh TNI AD dan unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi merupakan bentuk kolaborasi dalam mendukung kekuatan ketahanan pangan daerah dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Ini bisa menjadi demplot atau demfarm tidak hanya dari sisi pertanian tetapi ada juga dari sisi peternakan dan perikanan hingga UMKM. Ini tentunya menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi baru khususnya di dalam ketahanan pangan dan kedaulatan pangan,” ujar Dedy, Rabu (05/07/23).

Dedy menjelaskan, upaya-upaya pemerintah daerah dalam menjaga dan mengembangkan sektor ketahanan pangan sudah dimulai dari desa-desa hingga kecamatan melalui berbagai inovasi yang terus dilakukan. Sehingga sektor ketahanan pangan yang dilakukan di Lahan Pertanian Terpadu perlu ditiru dan dimodifikasi.

“Makanya kita mendukung sesuai dengan komitmen konsistensi pemerintah daerah dalam mendukung adanya lahan pertanian terpadu ini karena manfaat dan kontribusinya sangat dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya.

Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohamad Hasan menambahkan, penanaman benih jagung pada Lahan Pertanian Terpadu tersebut dilakukan seluas satu hektare dari jumlah total 43 hektare luas lahan tersebut.

“Penanaman benih jagung ini luasnya satu hektare, kemudian juga ada 24 hektare juga yang sudah kita tanami yang beberapa bulan lagi bisa kita panen. Semoga lahan terpadu ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya,” jelas Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Selain penanaman benih jagung, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan panen bersama beberapa komoditi sayuran dan juga pengobatan gratis bagi masyarakat hingga bakti sosial. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *