Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Raih Penghargaan Mitra Kolaboratif Daerah Terbaik

DAILYBEKASI.COM, SEMARANG РPemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dalam ajang Festival TIK 2023, yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (27/10/23) malam.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Bahrul Ulum mengatakan, penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dan kerja sama lintas sektor yang telah dilakukan dan mampu direalisasikan seiring dengan program dan arah pembangunan bidang TIK di Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah kali ini kita mendapatkan apresiasi penghargaan sebagai Mitra Kolaboratif Daerah Terbaik. Kolaborasi dalam pengembangan teknologi informasi tentunya diperlukan sebagai upaya percepatan transformasi digital”, ucap Bahrul.

Dia menjelaskan, Diskominfosantik bersama dengan Relawan TIK Nasional yang ada di Kabupaten Bekasi berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar TIK yang dapat menjangkau hingga ke pelosok-pelosok daerah di Kabupaten Bekasi.

“Iya kita berupaya beberapa tahun kedepan Kabupaten Bekasi mencapai zero blank spot internet di Kabupaten Bekasi,” jelasnya

Ketua Relawan TIK Kabupaten Bekasi, Ira Pelitawati mengatakan, bahwa pihaknya berupaya mengajak pemerintah desa yang ada di Kabupaten Bekasi untuk bertransformasi sesuai dengan kemajuan teknologi sehingga terwujudnya desa-desa digital di Kabupaten Bekasi.

“Desa Cikedokan misalnya, yang mampu bertransformasi menjadi desa digital. Namun kita ingin Desa Cikedokan sebagai salah satu desa percontohan saja, nanti mungkin akan kita contoh sistemnya dari desa-desa lain,” kata Ira.

Selain Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Desa Cikedokan juga berhasil meraih penghargaan sebagai Transformasi Digital Pemerintah Desa Terbaik bersama CSR dari PT. Yutaka Manufacturing Indonesia yang juga meraih Penghargaan sebagai Mitra Kolaboratif Daerah Terbaik.

Kepala Desa Cikedokan, Gorin Santoso mengungkapkan kebanggaannya setelah berhasil meraih penghargaan tersebut, karena Desa Cikedokan satu-satunya desa di Kabupaten Bekasi yang mampu mengoptimalkan pelayanan publik di tingkat desa secara digital.

Desa Cikedokan sendiri dianggap sebagai salah satu desa terbaik yang mampu menyelenggarakan pelayanan secara digital, sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat di Desa Cikedokan dapat memanfaatkan pelayanan Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Dengan (SIDePe), sehingga seluruh masyarakat bisa mengakses seluruh pelayanan hanya dengan menggunakan smartphonenya di rumah,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *