Disbudpora Kabupaten Bekasi Gelar Seleksi Atlet Pemula Cabor Panjat Tebing

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG TIMUR – Sebanyak 78 atlet panjat tebing dari berbagai klub sekolah di Kabupaten Bekasi mengikuti Pembibitan Seleksi Atlet Pemula cabor panjat tebing di Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari 21-23 Juni 2023 itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha pada Rabu, (21/06/2023).

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi untuk pembinaan atlet-atlet muda dari cabor panjat tebing. Sehingga dapat melahirkan atlet berprestasi, baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional,” kata Iman Nugraha.

Subkoor Pembibitan, IPTEK dan Tenaga Keolahragaan Disbudpora Kabupaten Bekasi, Kristanti berpesan kepada para atlet, agar seleksi ini dijadikan momentum sebagai ajang evaluasi kemampuan dari hasil latihan.

“Untuk para peserta, official, dan perangkat pertandingan, agar tetap menjunjung tinggi nilai-nilai fair play dan sportivitas,” ucapnya.

Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bekasi, Eka Hardiansyah mengatakan, pembibitan atlet pemula ini penting dilakukan untuk regenerasi atlet panjat tebing di Kabupaten Bekasi.

“Terutama untuk event Pekan Olahraga Provinsi (Porda) Tahun 2026 nanti dan kejuaraan lainnya. Jadi pembibitan ini perlu dilakukan sejak awal,” terangnya.

Berbeda dengan cabor lainnya, Eka mengatakan, olahraga panjat tebing di Kabupaten Bekasi masih termasuk olahraga menengah. Sehingga sarana pembibitan atlet panjat tebing masih terbatas di tempat tertentu saja.

“Sarana latihan panjat tebing saat ini masih terpusat di Stadion Wibawa Mukti dan beberapa sekolah menengah, berbeda dengan cabor populer lainnya yang ada dimana-dimana,” ujarnya.

Namun demikian, dirinya optimistis, cabor panjat tebing ke depan akan semakin diminati masyarakat.

“Kita juga sering melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, untuk saat ini bahkan anak-anak SD mulai banyak yang berminat latihan panjat tebing,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *