Dinas Koperasi dan UKM Apresiasi Pengembangan UMKM Melalui Google Bisnis

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG SELATAN – Dalam rangkaian kegiatan Hari Koperasi ke-76, Pemerintah Desa Ciantra bersama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta menyelenggarakan kegiatan akselerasi pengembangan UMKM dengan digitalisasi menggunakan google bisnisku.

Kegiatan yang diikuti oleh anggota Forum UMKM Kecamatan Cikarang Selatan serta para pelaku usaha tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Ciantra, pada Kamis (13/07/2023).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi, Ida Farida menyampaikan apresiasi atas kontribusi civitas academica yang telah mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Ini merupakan kegiatan pelatihan yang kesekian kalinya bersama dengan UMKM di sini. Kami mengapresiasi UPN Jakarta dari mulai pemberian alat, kemudian pemanfaatan barang yang ada di sulap menjadi hal yang positif. Termasuk juga digitalisasi agar produk-produk sudah bisa market ke digitalisasi,” ungkapnya.

Ida menyebutkan, kolaborasi bersama antara akademisi, praktisi, pemerintah maupun masyarakat dapat menunjang perekonomian di Kabupaten Bekasi menjadi lebih baik.

“Termasuk juga dengan lahirnya Perda tentang perlindungan koperasi dan UMKM yang baru saja disahkan, tentu ini akan jadi penguat untuk UMKM di Kabupaten Bekasi,” ucap Ida.

Camat Cikarang Selatan, Muhammad Said mengatakan, pelaku UMKM diharapkan mengetahui, memahami, serta familiar dengan penggunaan teknologi informasi yang berkembang saat ini. Untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya baik ke tingkat regional maupun pasar luar negeri.

“Oleh karena itu kami menggandeng institusi dan juga lembaga yang memiliki jaringan serta memahami IT itu sendiri dalam rangka membuka seluas-luasnya market dari produk UMKM tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Peneliti UPN Jakarta, Budhi Marthana yang mendampingi kegiatan tersebut menambahkan, program kemitraan masyarakat ini memiliki target untuk mendampingi masyarakat ekonomi produktif dalam hal ini pelaku UMKM supaya usahanya lebih maju.

“Dari keilmuan yang kami miliki, kita coba berbagi dengan mereka. Bagaimana strategi mempromosikan produknya melalui digitalisasi dalam hal ini dengan memanfaatkan google bisnisku,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *