Update Cuaca: BMKG Imbau Warga Jawa Barat Waspadai Kondisi Ekstrem

DAILYBEKASI.COM, BANDUNG РBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Jawa Barat agar waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologi (dampak cuaca ekstrem) pada 18 hingga 24 April 2024.

BMKG meminta masyarakat mewaspadai terjadinya hujan lebat hingga sangat lebat dalam skala lokal, angin puting beliung dan hujan es yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang, terutama di wilayah bertopografi curam, bergunung atau rawan longsor.

Dalam rilisnya, BMKG memprakirakan, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat/sangat lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat pada 18 – 24 April 2024 di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang.

Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten dan Kota, Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu dan Kota Cirebon.

BMKG meminta masyarakat waspada, khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa berturut-turut yang dapat meningkatkan kelabilan tanah dan memicu terjadinya tanah longsor. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *