Resmikan Ecoriparian Mega Regency, Wamen LHK : Mari Jaga Kualitas Air Sebagai Sumber Kehidupan

DAILYBEKASI.COM, SERANG BARU – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr Alue Dohong meresmikan Mega Regency Ecoriparian di Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (15/04/2023).

Dalam sambutannya, Alue menyampaikan bahwa menciptakan air bersih yang berkualitas dan memenuhi standar tidaklah mudah. Ia mengajak semua pihak untuk bergotong royong meningkatkan kualitas air sungai agar kualitas air bersih terwujud dan dapat dimanfaatkan oleh semua.

“Untuk itu saya mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik masyarakat, pelajar, mahasiswa, komunitas peduli sungai, kecamatan, pemerintah desa atau kelurahan, pemerintah daerah, pelaku usaha dan lainnya untuk bergandengan tangan dan berperan aktif dalam persatuan NKRI. langkah dan sinergi untuk meningkatkan kualitas air kita,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Ia menjelaskan, keberadaan Ecoriparian Mega Regency merupakan salah satu contoh restorasi atau pemulihan ekosistem sungai untuk meningkatkan kualitas air, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Kegiatan di sini antara lain adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dapat mengolah air limbah domestik untuk 2.400 rumah tangga, pembuatan kompos dan sistem pemanenan air hujan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya Ecoriparian sendiri merupakan pemanfaatan sempadan sungai sebagai tempat utama pendidikan dan rekreasi serta silaturahmi antar masyarakat.

“Di Mega Regency Eco-Ecoriparian terdapat ruang terbuka hijau, lapangan futsal dan bulu tangkis, kios UMKM, kebun buah-buahan, hidroponik dan wahana flying fox sebagai sarana masyarakat berinteraksi, menjadi sehat, alam menjadi lebih asri, dan yang terpenting kualitas air meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Serang Baru, Irwan Kurniawan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak terkait program Ecoriparian di wilayahnya.

“Alhamdulillah kami berterima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pemkot Serang Baru mendapatkan anugerah yang luar biasa. Insya Allah amanah ini akan kami jaga, khususnya di Perumahan Mega Regency. Saya juga bangga memiliki warga yang memiliki inovasi dalam bagaimana memanfaatkan lingkungan mereka sebaik-baiknya,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *