Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Bekasi Bentuk Desa Tangguh Bencana

DAILYBEKASI.COM, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi membentuk tim Desa tangguh bencana (Destana) dilaksanakan di aula kantor BPBD, Selasa (20/06/2023).

Sekretaris Badan (Sekban) BPBD Agus Suparno mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pembentukan desa tangguh bencana (Destana) tingkat desa/ kelurahan.

“Sebelumnya kami sudah lakukan pembentukan Destana di 50 desa. Saat ini, kami laksanakan lagi pembentukan Destana sebanyak 40 desa yang diantaranya wilayah Cikarang Utara,” ungkapnya seusai melakukan pelantikan.

Masih kata Agus, jadi, total pembentukan Destana di tingkat desa, saat ini, kurang lebih, sudah mencapai 90 desa dan ini, akan terus dilakukan pembentukan Destana, hingga maksimal keberadaanya diseluruh desa yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Kami berharap Destana ini dapat menjadi tindakan preventif dan sekaligus penanggulangan bencana bagi masyarakat. Mereka yang bersentuhan langsung terhadap bencana dan kami berharap para Destana menjadi Desa tangguh menghadapi bencana,” ujar Sekretaris Badan (Sekban) BPBD Agus Suparno.

Diketahui, Destana, Desa/Kelurahan Tangguh Bencana adalah sebuah desa atau kelurahan yang telah diberikan pelatihan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya sehingga mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *