Pemkab Bekasi Imbau Warga Waspada Kebakaran di Musim Kemarau

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kebakaran, khususnya di musim kemarau.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana kebakaran. Dari mulai warga yang berada di bangunan sederhana sampai pada bangunan yang lantai dua, agar waspada di musim panas saat ini,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, Hasan Basri, pada Kamis (4/5/2023).

Selain itu, kebun kosong dengan banyaknya rumput kering di wilayah Kabupaten Bekasi juga tidak luput dari pantauan. Hasan mengatakan, rerumputan atau ilalang kering sangat mudah terbakar di musim panas saat ini.

Maka, kata dia, untuk mencegah kebakaran, kepada warga masyarakat agar tidak sembarangan membuang benda panas yang memicu api di lahan kering.

“Itu yang kami sampaikan juga pada pihak desa, kelurahan dan kecamatan. Agar warga tidak sembarangan membuang puntung rokok dan tetap waspada,” imbuhnya.

Menurutnya kesiapan masyarakat menghadapi kemarau sangatlah penting. Terutama yang menempati rumah- rumah yang minim pengawasan. Warga juga diminta untuk mengecek instalasi listrik, kabel, juga alat elektronik yang dimiliki.

“Kabel atau alat jaringan listrik harus diperiksa, kabel yang sudah lama atau tua agar dicek. Menghindari korsleting yang berakibat pada kebakaran,” imbuhnya.

Dia menuturkan, Damkar Kabupaten Bekasi rutin melakukan sosialisasi dan menyebarkan surat edaran ke berbagai perusahaan hingga ke tingkat desa.

Damkar Kabupaten Bekasi juga menyiagakan tim di 10 Posko Pemadam Kebakaran selama 24 jam, di antaranya di Tarumajaya, Metland Tambun Selatan, Cikarang Barat, Cikarang Timur dan Cikarang Selatan.

“Kami siaga piket 24 jam di tiap pletonnya. Ketika terjadi kebakaran atau ada informasi dari masyarakat, kami akan siap meluncur ke TKP,” tandasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *