Lebaran Bekasi 2023, Ini Pesan dari Kadisbudpora Kabupaten Bekasi

DAILYBEKASI.COM, TAMBUN UTARA – Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, mengapresiasi acara Lebaran Bekasi 2023 sebagai wujud dan simbol dalam memperkokoh tali persaudaraan serta silaturahmi antar warga Kabupaten Bekasi dan antar etnis di Nusantara.

Hal tersebut dikatakan Kadisbudpora, Iman Nugraha, saat menghadiri kegiatan Lebaran Bekasi tahun 2023, yang dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, di Saung Jajaka Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Sabtu (10/06/2023).

“Ya, kita kami dari Disbudpora mensupport penuh Lebaran Bekasi yang gagasannya sudah disampaikan Ketua Jajaka Nusantara dan FPK, alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan dengan sukses dan meriah,” ujarnya.

Iman berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan persaudaraan antar multi etnis yang ada di Kabupaten Bekasi menjelang pemilu 2024. Selain itu, kata dia, acara tersebut dapat menjadi momentum dalam mengenalkan citra budaya lokal maupun nasional hingga mancanegara.

“Semoga kedepannya semakin banyak yang akan kita tampilkan lagi budaya-budayanya baik yang lokal maupun nasional. Melalui tema silaturahmi menuju Kabupaten Bekasi yang damai di tahun 2024 nanti akan terwujud,” harapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Jajaka Nusantara, HK. Damin Sada menjelaskan, Lebaran Bekasi merupakan lebaran spesial bagi warga Kabupaten Bekasi. Acara tersebut merupakan wadah yang menyatukan semua keberagaman masyarakat majemuk di Kabupaten Bekasi.

“Lebaran ini bukan lebaran biasa, tapi lebaran luar biasa, jadi Lebaran Bekasi yaitu lebaran semua suku, agama, etnis, dan semua masyarakat yang ada di Kabupaten Bekasi. Dan di ini sudah yang keenam kalinya digelar,” ucapnya.

Dia menuturkan, sebanyak 90 etnis perwakilan yang menghadiri acara tersebut telah bersama-sama mendeklarasikan Indonesia Damai Jelang Pemilu 2024.

“Temanya itu dengan silaturahmi kita ciptakan kedamaian di Kabupaten Bekasi menuju tahun politik 2024,” tuturnya.

Dia berharap, tradisi yang digelar setiap setahun sekali ini, semakin baik nantinya serta semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan seluruh pihak dalam menyambut tahun politik 2024 dengan suasana yang aman, damai dan harmonis.

“Mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi, dan maknanya lebih mendalam lagi,” tandasnya.

Tak hanya itu, gelaran ini diisi dengan pertunjukan seni budaya, Forum UMKM, kuliner khas berbagai daerah, serta berbagai hiburan menarik lainnya.

“Nah di sini kita juga menghadirkan berbagai kesenian ada pencak silat, empat layar tancep, dan lainnya jadi masyarakat kita hibur. Selama ini kan pandemi sudah berakhir, mudah-mudahan kita bisa hibur masyarakat dengan acara gratis,” tutupnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *