Kantor Dagang Gelar Pasar Sembako Murah Bagi Warga Desa Kertamukti

DAILYBEKASI.COM, CIBITUNG – Sebanyak 400 warga Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung berbondong-bondong datang ke Kantor Desa Kertamukti untuk mendapatkan paket sembako Pasar Murah yang disebut oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Penanganan Sembako dan Penting Dinas Perdagangan Helmi Yenti mengatakan, Pemkab Bekasi bekerja sama dengan Pemprov Jabar menggelar kegiatan Pasar Murah di tiga kecamatan yang menjadi sasaran distribusi paket sembako di Bekasi. Daerah.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan Pasar Murah yang tujuannya untuk menstabilkan harga dan ketersediaan sembako di Kabupaten Bekasi. Selain itu juga untuk membantu sasaran dengan kategori rumah tangga miskin, apalagi menjelang Lebaran,” ujar Helmi, Selasa (23/11/04).

Helmi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pengendalian inflasi dengan menyiapkan sembako murah untuk kalangan menengah ke bawah.

Adapun kegiatan Pasar Murah merupakan subsidi kebutuhan pokok berupa 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir, dan 2 kg tepung terigu.

“Kebutuhan pokok (sembako) ini kami jual ke masyarakat senilai Rp. 85.500, artinya sudah disubsidi untuk memotong harga menjadi Rp. 79.650 rupiah. Jadi harga normal satu bungkusnya adalah Rp. 165.140 rupiah yang merupakan perkiraan dari Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Camat Cibitung, Encun Sunarto menambahkan, dengan menyebutnya Pasar Murah, sasarannya adalah masyarakat yang masuk dalam kategori Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kertamukti, membantu masyarakat. Apalagi di bulan puasa seperti ini hingga lebaran, kebutuhan masyarakat semakin meningkat.

“Tentu ini sangat membantu untuk merangsang daya beli masyarakat melalui subsidi bahan pokok premium dengan harga yang sangat terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Masyarakat dalam hal ini mendapat subsidi sebesar 76 persen dari harga normal,” kata Encun.

Ia juga menyampaikan, melalui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah bersama pemerintah provinsi, diharapkan KPM mampu melindungi KPM dari lonjakan kenaikan harga yang bisa terjadi menjelang hari raya Idul Fitri.

“Harapannya harga-harga kebutuhan pokok ini bisa stabil, sehingga bisa kembali menggairahkan daya beli masyarakat pascapandemi ini. Namun, jika ada peningkatan, maka upaya ini akan sangat dirasakan oleh masyarakat yang masuk dalam target subsidi,” ujarnya.

Kepala Desa Kertamukti, Chrisna mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Pasar Murah yang menjadikan desanya sebagai lokasi target distribusi. Hal tersebut dirasakan sangat membantu khususnya bagi Pemerintah Desa Kertamukti dalam mengurus masyarakatnya untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang sangat terjangkau.

“Walaupun jumlah target di Desa Kertamukti lebih dari 400, kami prioritaskan masyarakat yang paling membutuhkan. Dan Alhamdulillah masyarakat sangat senang dan antusias karena kegiatan ini dirasakan bermanfaat langsung bagi masyarakat,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *