Jelang Pemilu 2024, 60 Linmas di Kecamatan Bojongmangu Ikuti Latihan dan Pembinaan

DAILYBEKASI.COM, BOJONGMANGU – Sebanyak 60 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari enam desa di Kecamatan Bojongmangu mengikuti latihan dan pembinaan yang diselenggarakan oleh pemerintah kecamatan setempat, pada Selasa (21/02/2023).

Camat Bojongmangu, Agung Suganda mengatakan, pembinaan yang bersinergi dengan TNI/Polri itu digelar dalam rangka menghadapi agenda Pemilu Serentak 2024, baik Pilpres, Pileg dan Pilkada.

“Ya, tugas berat telah menanti menjelang Pemilu 2024. Bahkan saat ini PPK, Panwas dan PPS dan Pantarlih telah terbentuk. Maka peran Linmas sangat dibutuhkan, bersinergi dengan TNI-POLRI untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Kasi Trantib Kecamatan Bojongmangu, Wawan mengatakan, kegiatan pembinaan terhadap anggota Linmas ini, untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas dan menjaga kekompakan serta mengingatkan kembali tugas-tugasnya.

Wawan menyebutkan, Satuan Linmas mempunyai lima tugas, yaitu membantu penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan membantu kegiatan sosial kemasyarakatan.

Linmas juga, lanjut Wawan, mempunyai tugas membantu ketenteraman, ketertiban keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu dan membantu upaya pertahanan.

“Jadi pembinaan dan pelatihan ini, guna meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Danposramil Bojongmangu, Peltu Trisno Budi sebagai Instruktur Pembinaan dan Pelatihan Linmas menegaskan, bimbingan dan kepelatihan anggota Linmas intinya untuk penyegaran, agar anggota Linmas lebih memahami tugasnya.

“Sebab dengan adanya Linmas, pengamanan di lingkungan masyarakat lebih tepat dan cepat. Seperti saat melakukan pengamanan di lokasi hajatan, membantu pengamanan Pemilu, Pilkades serta keamanan lingkungan. TNI/Polri tidak bisa bekerja sendiri dalam pengamanan, tanpa di bantu oleh masyarakat yaitu Linmas,” ujarnya.

Trisno mengungkapkan, dalam pelatihan ini, Linmas diberikan beberapa materi seperti Mental Kejuangan, Baris Berbaris, Sikap Displin Pelaporan dan Penanganan di wilayah.

“Anggota Linmas pun bisa sebagai cadangan dalam menangani ancaman dari dalam maupun dari luar, untuk mengatasi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) apabila diperlukan,” tandasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *