Hadiri Lebaran Bekasi 2023, Dani Ramdan Ingin Seni Budaya Bekasi Mendunia

DAILYBEKASI.COM, TAMBUN UTARA – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan ingin seni dan budaya Bekasi tidak hanya dikenal di tanah air, tapi juga di dunia internasional. Salah satunya, dengan menggelar acara Lebaran Bekasi yang melibatkan peserta dari berbagai negara.

Gagasan tersebut disampaikan Dani Ramdan saat menghadiri acara Lebaran Bekasi 2023 yang diselenggarakan oleh Jajaka Nusantara bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), di Saung Jajaka, Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara, pada Sabtu (10/06/2023).

Dani menyampaikan, Lebaran Bekasi memang tradisi yang agak berbeda dengan Lebaran Betawi yang sudah ada sebelumnya di wilayah DKI Jakarta. Kalau Lebaran Betawi, lanjutnya, hanya menampilkan seni budaya Betawi saja, tapi Lebaran Bekasi diikuti oleh semua etnis yang ada di Kabupaten dan Kota Bekasi, bahkan hampir dari Sabang sampai Merauke.

“Ya, kedepannya karena kita banyak ekspatriat disini, kita akan ajak juga bangsa-bangsa di luar Indonesia yang sudah hidup di sini seperti Jepang, Korea serta Amerika itu bisa bergabung, nanti kita rancang untuk tahun depan,” katanya.

Dani Ramdan mengatakan, Pemkab Bekasi mendukung penuh kegiatan Lebaran Bekasi 2023 melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora), Dinas Koperasi dan UKM, Bagian Umum, Diskominfosantik, Prokopim dan para camat se-Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah acara ini berlangsung meriah, meskipun sifatnya masih spontanitas, karena belum di alokasikan di tahun sebelumnya, tapi tahun depan, acara Lebaran Bekasi kita akan rancang lebih baik lagi, dengan berbagai jenis kebudayaan yang akan ditampilkan kepada masyarakat,” ucapnya.

Pj Bupati Bekasi berharap, tahun depan, acara Lebaran Bekasi menjadi festival multikultur, dengan berbagai jenis budaya yang ditampilkan. Sehingga masyarakat bisa melihat, mengenal, dan saling menghargai.

“Karena perbedaan-perbedaan ini menjadi kekayaan, bukan menjadi sumber perbedaan atau pertentangan, apalagi untuk Lebaran Bekasi kali ini, kita ambil tema, dengan silaturahmi, kita ciptakan kedamaian di Bekasi, menjelang tahun politik 2024,” ucapnya.

Acara Lebaran Bekasi 2023 yang digelar untuk yang ke-6 kalinya ini, dimeriahkan dengan atraksi Palang Pintu, pertunjukan Pencak Silat, Ondel-ondel, Tari Topeng, Tari Bali, Tradisi nyorog, Barongsai, pameran produk UMKM Kabupaten Bekasi, layar tancap dan panggung kesenian tradisional lainnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *