Diskominfosantik Menerima Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT – Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi melakukan kunjungan kerja ke Kantor Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, pada Kamis, (26/01/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Komisi II DPRD diterima langsung oleh Plt. Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Ade Komarudin didampingi Menteri Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Rhamdan Nurul Ikhsan, Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi (IKT) Bahrul Ulum dan Menteri Statistik Sektoral, Dede Sutardi.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Rhamdan Nurul Ikhsan mengatakan, Diskominfosantik membutuhkan partisipasi Komisi II DPRD dalam upaya optimalisasi fungsi Command Center untuk pelayanan publik yang lebih baik.

“Ke depan, Command Center ini kami ingin menjadi pusat kendali untuk memantau berbagai kegiatan pelayanan kepada masyarakat, misalnya memantau arus lalu lintas, kemudian menangani pengaduan layanan masyarakat dan lain-lain,” jelasnya seusai menerima kunjungan.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi II DPRD juga membahas tentang layanan jaringan yang ada di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta bidang Statistik dan Coding.

Terkait strategi optimalisasi Bidang IKP, lanjut Ramdan, pihaknya bekerja sesuai instruksi Bupati Bekasi Dani Ramdan, mengoptimalkan fungsi kehumasan di Diskominfosantik agar bisa lebih baik dalam menjembatani komunikasi antara Pemkab Bekasi dengan Komunitas.

“Ya kita akan coba maksimalkan apalagi yang menjadi kesepakatan pimpinan, tentu kita akan coba cari solusinya dan kita kembangkan sistem yang efektif dari yang sudah berjalan dengan baik akan kita lanjutkan,” ujarnya.

Komisi II secara tegas juga mengusulkan agar dilakukan kajian terhadap kebutuhan Discominfosantik, dan akan diteruskan ke Badan Anggaran.

“Jadi nanti Komisi II DPRD akan mencarikan solusi terkait anggaran agar bisa lebih dimaksimalkan lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Himawan Abror mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan Komisi II ini merupakan upaya untuk menjalin sinergi yang lebih baik antara DPRD dan Diskominfosantik.

“Tujuannya bagaimana memaksimalkan peralatan yang ada agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar pria yang akrab disapa Tole ini.

Himawan menuturkan, dari hasil kunjungan tersebut, Diskominfosantik masih memiliki keterbatasan anggaran untuk melaksanakan berbagai program sesuai mandatnya.

“Jangan sampai program kerja terhambat karena anggaran tidak mencukupi. Karena kalau bicara anggaran, banyak hal yang harus dibicarakan, seperti faktor prioritas,” lanjutnya.

Komisi II, lanjut Himawan, mencoba mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan Diskominfosantik untuk diakomodasi melalui mekanisme di DPRD Kabupaten Bekasi.

“Ya bidang dan divisi yang ada di Diskominfosantik sudah cukup bagus, namun masih perlu didorong dari sisi anggaran. Meski tidak menutup kemungkinan apa yang sudah ada dan sedang digarap Dinas saat ini bisa lebih dimaksimalkan di masa depan,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *