Dinkes Kabupaten Bekasi Usulkan Penambahan Ambulans di Sejumlah Puskesmas

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Salah satunya, ketersediaan mobil ambulans di 51 Puskesmas dengan kelengkapan penanganan awal bagi pasien.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bekasi, Supriadinata mengatakan, ambulans merupakan salah satu sarana penting yang harus siap digunakan di tiap waktu. Kecepatan membawa pasien untuk penanganan, bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan keselamatan pasien.

“Untuk itu, saya berharap ambulans yang ada di sejumlah Puskesmas bisa digunakan secara optimal untuk pelayanan. Saat ini, 10 puskesmas belum memiliki ambulans, karena pemekaran baru. Meskipun beberapa Puskesmas kondisi ambulansnya perlu perawatan ekstra. Namun ambulan sangat berperan penting bagi percepatan pelayanan,” ujar Supriadinata, Rabu (20/12/2023).

Dia mengatakan, pembelian ambulans dilaksanakan pada tahun 2013. Artinya sudah 10 tahun kendaraan ambulans digunakan non stop dan siaga 24 jam setiap harinya.

“Tiap ambulans memerlukan perawatan ekstra dan perlu peremajaan. Terlebih bila dilihat dari rasio pelayanan satu Puskesmas hingga 30 ribu jiwa, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Kondisinya saat ini, tiap ambulan memerlukan perawatan ekstra,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan Puskesmas tidak lepas dari kerjasama dengan masyarakat. Beberapa diantaranya, pasien memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk berobat. Selebihnya, untuk kondisi darurat, sudah banyak dibantu oleh masyarakat umum.

“Maka untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan, kondisi ambulans yang prima sangat menentukan pelayanan. Warga masyarakat sangat terbantu dengan pelayanan saat ini,” katanya.

Terkait dengan kondisi ini, Supriadinata menambahkan, Dinas Kesehatan sudah melakukan kajian, untuk selanjutnya dilakukan pengusulan baru dalam penambahan armada ambulans di tiap Puskesmas yang belum memilki ambulan. Sekaligus peremajaan, bagi ambulan yang sudah mengalami kerusakan.

“Kita akan usulkan ambulans, untuk Puskesmas yang dilengkapi sarana ini. Kami pun sangat mengapresiasi banyaknya masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan di tiap wilayah Kabupaten Bekasi. Termasuk pada penanganan pasien dengan kondisi penangan cepat,” tukasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *