Deltamas Matsuri Ajarkan Anak Muda Hargai Perbedaan Budaya

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT РPj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyambut baik digelarnya acara Deltamas Matsuri, sebuah festival kebudayaan Jepang-Indonesia yang rutin dilaksanakan setiap tahuntahun.

Acara yang diselenggarakan Kota Deltamas bersama Komunitas Alumni Jepang Indonesia (KAJI) ini digelar di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, pada 4-5 November 2023.

Dani Ramdan mengatakan, Kabupaten Bekasi saat ini sudah menjadi kota internasional, dimana hampir 24 bangsa dari berbagai belahan dunia tinggal di wilayah yang dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

“Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, festival kebudayaan dari saudara-saudara kita, komunitas Jepang,” kata Dani Ramdan saat membuka acara Deltamas Matsuri, pada Sabtu (04/11/2023).

Dani berharap komunitas lain yang ada di Kabupaten Bekasi seperti Korea, Cina, Amerika, Eropa, bisa juga menggelar acara seperti ini, supaya memperkaya khasanah dan pengetahuan masyarakat mengenai budaya asing.

Dari kegiatan budaya tersebut, lanjutnya, masyarakat bisa mengenal kultur, karakter, kepribadian, nilai-nilai, etos kerja dari sebuah bangsa.

“Karena Jepang sangat dikenal dengan etos kerja yang tinggi dan ini sangat baik kalau ditiru oleh masyarakat kita,” ujarnya.

Di sisi lain, kata Dani, bangsa Indonesia punya sopan santun, falsafah Pancasila yang sangat baik untuk dikenalkan kepada bangsa Jepang.

“Karena budaya itu luas, bukan hanya kesenian atau pun hiburan, ada juga kuliner, produk-produk khas Jepang, kemudian ada juga budaya kita yang ditampilkan, termasuk kuliner, ini bisa menjadi saling memberikan dan saling mengenalkan,” ujarnya.

Selain itu, Dani mengatakan dengan adanya kegiatan Deltamas Matsuri ini, bisa mengajarkan atau melatih anak-anak muda atau masyarakat untuk menghargai perbedaan.

“Dengan saling mengenal, kita bisa hidup secara harmonis dan nyaman, maju bersama, karena fitrah manusia itu adalah mahluk sosial yang harus saling mengenal, menghormati dan saling menghargai, karena tak kenal maka tak sayang,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Kota Deltamas, Tommy Satriotomo, mengatakan, acara Deltamas Matsuri bukan hanya sekedar acara festival kebudayaan saja, tapi momentum untuk mendukung pembangunan komunitas yang beragam di Kota Deltamas.

“Ya, apalagi saat ini, jumlah ekspatriat khususnya dari Jepang terus bertambah dan mereka umumnya bekerja di kawasan GIIC yang berada di Kota Deltamas serta wilayah lain di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Melalui acara Deltamas Matsuri, Tommy berharap bisa mengobati sedikit rasa kangen para ekspatriat Jepang dan bisa merasakan suasana serupa di kampung halaman mereka dalam menyambut mekarnya bunga sakura.

“Melalui acara ini, kami berharap dapat membangun silaturahmi dan hubungan yang harmonis antara komunitas lokal dan ekspatriat Jepang, yang tinggal serta bekerja di kawasan Kota Deltamas,” ucapnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *