Cegah Penularan Rabies, Distan Vaksinasi 1000 Hewan Peliharaan

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG PUSAT – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bekasi melakukan langkah antisipasi pencegahan virus rabies dari hewan peliharaan yang bisa tertular ke manusia. Virus ini diketahui sangat berbahaya apabila hewan yang terkena virus tersebut menggigit manusia bisa membahayakan nyawa.

Karena itu, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi telah melakukan vaksinasi rabies kepada sekitar 1000 lebih hewan peliharaan.

“Kita lakukan di 13 lokasi, targetnya 1100 hewan peliharaan dengan status hewan penular rabies (HPR) secara gratis. Ini juga kita lakukan sudah beberapa kali, terakhir hari Sabtu, 9 Oktober 2023. Sekaligus peringatan World Rabies Day 2023,” jelas Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh Dwian Wahyudiharto, di kantornya, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat pada Senin (09/10/2023).

Kendati di wilayah Kabupaten Bekasi belum ditemukan penularan virus, Pemkab Bekasi secara intensif melakukan langkah antisipasi ini dibeberapa lokasi Pusat Kesehatn Hewan, seperti di Setu, Kedungwaringin dan klinik mandiri lainnya.

“Selain vaksinasi kita buka juga layanan konsultasi dan pengobatan hewan secara gratis,” tuturnya.

Dwian mengingatkan kepada masyarakat agar peduli kepada kesehatan hewan peliharaan yang dimiliki. Salah satunya dengan melakukan cek vaksinasi yang digelar Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Ini menjadi pengingat untuk masyarakat, berkaitan dengan mencegah penularan penyakit hewan ini, karena bisa berbahaya untuk kita,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *