Universitas Pelita Bangsa Gelar Simulasi Praktik Sidang Peradilan Semu

DAILYBEKASI.COM, BEKASI – Universitas Pelita Bangsa (UPB) menggelar Praktik Sidang Pidana dalam rangka Ujian Akhir Semester (UAS), yang berlangsung di Ruang Peradilan Semu Universitas Pelita Bangsa pada Sabtu (21/01/23).

Kegiatan tersebut merupakan penerapan matakuliah Praktik Latihan Kemahiran Hukum Pidana dan Perdata yang di gagas oleh Program Studi Hukum Universitas Pelita Bangsa.

Dosen Hukum Pidana Universitas Pelita Bangsa, Nining Yurista Prawitasari, S.H, M.H mengatakan, latihan Simulasi Praktik Peradilan Semu ini merupakan yang kedua kali di Universitas Pelita Bangsa ini.

“Simulasi praktik peradilan semu ini sudah ke-dua kali dilaksanakan, yang memang salah satunya bertujuan sebagai pengembangan keilmuan dalam hukum acara pidana,” Ungkap Nining Yurista Prawitasari, S.H, M.H

Nining sapaan akrabnya menyampaikan bahwa dengan adanya peradilan semu dan latihan praktik ini menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa hukum untuk mengembangkan keilmuannya.

“Tentunya, simulasi peradilan semu ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khusus nya mahasiswa jurusan ilmu hukum,” Ujarnya.

Menurutnya, karena kegiatan simulasi peradilan semu merupakan perwujudan dari proses peradilan yang sebenarnya, dalam praktik peradilan semu mahasiswa terlibat untuk memerankan tugas sebagai hakim, jaksa penuntut umum, penasihat hukum, saksi, ahli, terdakwa serta pihak yang bersengketa di persidangan.

“Proses praktik penyelesaian kasus hukum yang dilakukan seolah benar-benar terjadi, maka ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan di bidang hukum dalam hal menerapkan hukum acara pidana dan hukum acara perdata di muka persidangan,” pungkasnya.

Antusiasme dari mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi, karena selama dua tahun ke belakang, para mahasiswa hanya bisa belajar secara daring karena adanya pandemi Covid-19. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *