Festival Ramadan, Pemkab Bekasi Luncurkan Berbagai Bantuan untuk Masyarakat

DAILYBEKASI.COM, TAMBUN SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar acara Ramadan Festival (Ramfest) 2.0 yang digelar selama tiga hari, mulai 14-16 April 2023, di Museum Gedung Juang, Jl. Sultan Hasanudin, Tambun Selatan.

Acara yang digelar Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi ini dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Sekretaris Dedy Supriyadi dan jajaran Forkopimda, dengan bintang tamu penyanyi religi Opick.

Bupati Pj Dani Ramdan mengatakan, Festival Ramadan disebut sebagai momentum pemulihan Kabupaten Bekasi dari pandemi, dengan menghadirkan kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya.

“Kegiatan ini juga untuk memeriahkan Ramadhan, sebagai bulan penuh berkah yang selalu membawa keceriaan dan kebahagiaan, yang kami wujudkan dalam bentuk festival,” ujar Dani Ramdan, Jumat (14/04/2023).

Selain menampilkan panggung hiburan dan stan-stan produk UMKM asli Kabupaten Bekasi, kata Dani, pada event Ramadan Festival ini juga diluncurkan berbagai bantuan untuk masyarakat yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Bekasi sepanjang tahun 2023.

“Ada sekitar 17 jenis bantuan yang ditawarkan, mulai dari bantuan sembako untuk keluarga kurang mampu, bantuan dana untuk marbot masjid, ustadz, petugas kamar mayat, penggali kubur, dan guru pesantren non ASN,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Dani, bantuan juga diberikan kepada para petani dan pekerja rentan lainnya berupa jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.

“Kami juga memberikan bantuan bibit untuk para petani yang terkena dampak banjir kemarin. Kemudian bantuan Rutilahu dan SPALD-S,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Bekasi juga memberikan bantuan penanganan stunting berupa makanan tambahan seperti susu, telur, dan biskuit. Kemudian penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Halal bagi UMKM dan Sertifikat Halal.

“Ya, bantuan ini komprehensif, semoga bermanfaat dan membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, Ramadan Festival ini merupakan event tahunan kedua yang dimeriahkan dengan mengundang tokoh budayawan dan penyanyi religi Opik serta dipadukan dengan budaya Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias, meskipun hujan semoga membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Iman menjelaskan, acara Ramadan Festival sengaja digelar di Museum Gedung Juang, agar masyarakat bisa lebih mengenal sejarah dan budaya Bekasi, di mana Gedung Juang kini menjadi ikon museum digital pertama di Indonesia.

“Ya, kami mengajak masyarakat untuk datang ke Festival Ramadhan sebelum berbuka puasa sekaligus Ngabuburit, sekaligus mengenal kuliner khas Kabupaten Bekasi, sekaligus menumbuhkan perekonomian UMKM,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *