DLH Bersama SDABMBK Kabupaten Bekasi Angkat Sampah di Kali Sumber Jaya

DAILYBEKASI.COM, TAMBUN SELATAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi membersihkan sampah dan mengangkut puluhan ton sampah di kali Sumber Jaya pada Senin (31/7/2023.

Di lokasi tersebut tumpukan sampah yang didominasi eceng gondok, batang pohon pisang dan rumah tangga menyumbat di sepanjang hampir 100 meter menutupi aliran Kali Perum Villa Bekasi Indah II.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah wilayah II DLH Kabupaten Bekasi, Sumardi mengatakan, pengangkatan sampah tersebut bekerjasama dengan Dinas SDABMBK untuk normalisasi kali tersebut.

“Ya, Dinas SDABMBK kan sambil ngerjain normalisasinya, kami dari DLH yang membersihkan dan mengangkat sampah tersebut, kemudian akan diangkut di TPA Burangkeng,” jelasnya.

Pihaknya mengerahkan sebanyak 11 unit truk pengangkut sampah, serta 1 unit alat berat eskavator milik Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi.

Sumardi menyampaikan, di Perum Villa Bekasi II ini ketika hujan besar akan banjir di sekitaran pinggir kali Sumber Jaya, yang mengakibatkan air masuk di pemukiman warga setempat.

“Ya, kaya kemarin ketika hujan besar, air tersebut masuk ke rumah warga dengan ketinggian 50 sentimeter, makanya dengan di angkat sampat yang tersumbat ini bisa mencegah terjadinya banjir di wilayah sini,” katanya.

Sumardi berharap, kedepannya masyarakat tidak lagi membiasakan membuang sampah di sepanjang aliran Kali . Karena luapan Kali dapat mengakibatkan banjir. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *