Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Gudang Bulog Cibitung, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Pastikan Stok Beras Aman

DAILYBEKASI.COM, CIKARANG BARAT – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) dalam agenda Penyaluran Bantuan Pangan Tahun 2024 saat berkunjung ke Gudang Bulog Cibitung, Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat pada Jum’at (16/02/2024).

Dalam agenda tersebut, Presiden Jokowi terlebih dahulu meninjau ketersediaan pangan di Gudang Bulog Cibitung bersama dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, serta Direktur Bulog Bayu Krisnamurti.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, stok ketersediaan cadangan pangan beras untuk kebutuhan di Kabupaten Bekasi, berdasarkan informasi dari Pimpinan Bulog di Cabang Bekasi, khususnya di Gudang Bulog Cibitung saat ini masih memadai.

Kendati demikian, menyikapi terjadinya krisis pangan yang terjadi saat ini hingga harga beras yang melonjak di pasar, Dani Ramdan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi juga tengah menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah sebanyak 140 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dimana masing-masing keluarga akan memperoleh beras 10 Kg per keluarga, sampai dengan bulan Juni mendatang.

“Untuk masyarakat yang memang daya belinya sangat rendah, keluarga miskin, langsung diberi beras gratis 10 Kg sehingga ini bisa mengamankan kondisi kita dalam menghadapi Pemilu ini tetap stabil dan masyarakat tidak menemui kesulitan,” ungkap Dani Ramdan.

Usai melakukan peninjauan, Presiden Joko Widodo menyapa warga yang telah berkumpul di depan gedung sejak pagi hari dan bertanya, apakah mereka sudah mendapatkan bantuan tersebut di bulan sebelumnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyerahkan secara simbolis bantuan beras tersebut kepada masyarakat dan menyebutkan bahwa bantuan tersebut akan dilanjutkan kedepannya menyesuaikan kemampuan anggaran yang ada.

“Ya nanti kita lihat di APBN ya, kalau pemerintah punya kemampuan akan dilanjutkan lagi ke bulan berikutnya. Tapi janji saya yang sampai Juni dulu. Lalu kita hitung-hitung APBN, kira-kira punya duit, akan ditambah,” jelas Presiden Jokowi.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menambahkan, Pemerintah sudah mempersiapkan jauh-jauh hari baik untuk ketersediaan maupun pasokan ke seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Dimana stok Bulog saat ini mencapai 1,4 juta ton.

Ia menyebutkan, bahwa bantuan pangan pemerintah dalam bentuk beras sudah di mulai kembali pasca proses pemungutan suara dalam Pemilu 2024 kemarin. Dan hari ini yang pertama diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi di Kabupaten Bekasi.

“Setelah ini juga akan ke beberapa provinsi lain juga dilakukan hal yang sama. Jadi Pak Presiden ini selalu mengecek kondisi stok beras. Kita harapkan sampai dengan nanti peak season (puasa, lebaran), kondisi perberasan kita tetap dijaga dengan baik,” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *