Pengaruh Pariwisata Terhadap Karakteristik Sosial Ekonomi di Kecamatan Cibitung

DAILYBEKASI.COM, CIBITUNG – Alih fungsi lahan milik Kodam Jaya yang disulap dan diproyeksikan sebagai salah satu tempat destinasi Agro Wisata pertama di Kabupaten Bekasi diharapkan mampu memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan masyarakat sekitar.

Camat Cibitung, Encun Sunarto menilai hadirnya destinasi agro wisata atau food estate ini akan memiliki peran penting meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Karena dari sini lah wadah bagi para UMKM kita untuk dapat meningkatkan perekonomiannya dengan daya tarik sektor wisata ini,” ujar Camat Cibitung, Encun Sunarto, Rabu (31/05/23).

Sebagai salah satu objek wisata yang terbilang baru dan masih terus dilakukan perkembangan dan pembenahan oleh pihak Korem 051/Wijayakarta, Food Estate ini sudah mampu menyedot perhatian masyarakat. Tidak hanya datang dari Kecamatan Cibitung saja, melainkan dari beberapa wilayah seperti diakhir pekan, banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati suasana ataupun sekedar bermain bersama keluarga.

Hal tersebut kemudian mendorong munculnya aktivitas lain sebagai pendukung aktivitas pariwisata. Ditandai dengan semakin bertumbuhnya aktivitas perdagangan di kawasan wisata seluas 43 Hektar tersebut.

“Bahkan selain UMKM, kita ingin kalau bisa di sini menjadi tempat BUMDes terpadu se – Kabupaten Bekasi, semoga ini dapat terealisasi melalui sinergitas antara pemerintah daerah dengan TNI,” kata Encun.

Karakterisitik pengunjung yang bersifat heterogen tersebut juga membawa pengaruh terhadap perubahan karakteristik sosial masyarakat

yang tinggal di kawasan wisata Food Estate tersebut.

Dapat disaksikan, untuk akhir pekan ataupun menjelang sore hari misalnya, tempat wisata tersebut menjadi salah satu tempat yang paling diminati masyarakat untuk berolahraga, bersantai, berburu kuliner hingga sebagai wadah edukasi kepada pelajar hingga masyarakat secara luas.

“Tempat wisata ini juga bisa menjadi tempat edukasi bagaimana caranya bercocok tanam, bagaimana menanam padi, dan palawija. Lahan edukasi di sini luar biasa kedepan dan akan terus tumbuh,” katanya.

Tidak hanya fokus di bidang pertanian dan perkebunan saja, tempat wisata tersebut juga menyuguhkan beberapa budidaya hewan ternak dan perikanan yang bisa dinikmati untuk mengisi waktu luang bersama keluarga dengan mengajarkan dan mengenali jenis-jenis hewan ternak kepada anak-anak.

“Wisatanya semua lengkap, harapan kita terus bergerak lebih bagus dan ini akan menjadi penguatan ekonomi di Kecamatan Cibitung,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *